Tugas Akhir Sistem Operasi Jaringan

Asalammualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya, akan Membahas tentang Sistem Operasi Jaringan. Ada 3 materi yang akan saya bahas yaitu :


  1. Gambar atau logo   : Mikrotik , Debian , Ubuntu.
  2. Deskripsi mengenai : Mikrotik, Debian, dan Ubuntu.
  3. Versi terbaru          : Mikrotik, Debian, dan Ubuntu.
  4. Kelebihan dan Kekurangan : Mikrotik, Debian, dan Ubuntu.
  5. Spesifikasi Hardware agar   : Mikrotik, Debian, dan Ubuntu dapat diinstall.
     
    Pengertian Mikrotik

    sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (Software) yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer yang berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Mikrotik didirikan pada tahun 1995 untuk mengembangkan router dan sistem ISP (Internet Service Provider) nirkabel.
     Versi Terbaru Mikrotik
     
    Versi terbaru dari mikrotik adalah RouterOS v.6.0 Final, RouterOS versi terbaru ini memiliki beberapa keunggulan dan fitur tambahan, diantaranya :
  1. Ipsec - added /peer passive option which will prevent starting ISAKMP negotiation and signifies xauth responder/initiator side;
  2. RouterBOARD - default wireless config now includes password - serial number;
  3. Lte - support YOTA WLTUBA-107;
  4. Console - fixed crash when variable name was not specified for hotspot added mac-cookie login method;
  5. Lcd - show a message when system shutdown is complete;
  6. Lcd - added Log screen which is accessible through the Main Menu and shows log messages where action=echo;
  7. Ipsec - added pre-shared-key-xauth and rsa-signature-hybrid authentication methods;
  8. Increased max l2mtu on CCR to 10226 bytes
 
Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik

- Kelebihan

Mikrotik ini mempunyai sebuah operating system yang disebut dengan Router OS. Sistem tersebut dibangun dengan menggunakan linux yang sifatnya open source, sehingga terbilang harganya yang murah dan terjangkau. Kemudian dengan menggunakan mikrotik ini, bisa mendeteksi berbagai macam ethernet dari vendor yang ada, sehingga penggunaan dari mikrotik ini tergolong user friendly, dan tidak menyebabkan kesulitan yang berarti.

- Kekurangan

Mikrotik ini adalah belum mampu menangani sebuah jaringan internet dalam skala besar, karena sertifikasi yang dikeluarkan merupakan sertifikasi yang kurang begitu terkenal tidak seperti halnya dengan cisco yang sertifikasi nya diakui oleh internasional, sehingga hal ini yang menjadikan mikrotik mempunyai kekurangan.

Spesifikasi Hardware Mikrotik
  1. CPU dan MotherBoard : Intel, Cyrix 6X86, AMD K5 atau sekelasnya, tidak mendukung multiprosesor/hyperthreading, mendukung arsitektur keluarga i386 dengan PCI Local Bus.
  2.    RAM : Minimal 32 MB (untuk Proxy dianjurkan 1 GB).
  3.   HARRDISK : IDE 400 Mb Minimal 64 MB, tidak mendukung USB, SCSI, RAID, sedangkan type SATA (menunggu update Versi terbaru) hanya pada Legacy Access Mode. Mendukung Flash dan Microdrive dengan interface ATA.
  4.  NIC (Network Inteface Card) : NIC 10/100 atau 100/1000. Router adalah sebuah device yang fungsinya untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lain (baik LAN ke LAN atau ke WAN atau internet) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada di network yang lain.



Pengertian Debian
Debian adalah sistem operasi bebas yang dikembangkan secara terbuka oleh banyak programer sukarela(pengembang Debian) yang tergabung dalam Proyek Debian. Sistem operasi Debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia
Versi Terbaru Debian
Setelah hampir selama 24 bulan pengembangan yang terus menerus, proyek Debian dengan bangga mempersembahkan versi stabil terbaru, versi 8 (kode: Jessie), yang akan didukung penuh selama 5 tahun ke depan.
Kelebihan dan Kekurangan Debian

- Kelebihan

  1. 100% perangkat lunak bebas. FSF tidak setuju satu ini, tapi bahkan mereka mengakui bahwa Debian adalah 100% gratis-kecuali jika Anda mengaktifkan repositori nonfree-label. Jadi tidak memungkinkan hal nonfree, dan Anda dalam kondisi yang baik.  
  2. Dapat diandalkan. Anda tidak dapat membaca tentang Debian tanpa mendengar cerita stabilitas luar biasa dan kesempurnaan jelas. Meskipun saya sudah beberapa kerusakan sistem utama pada Debian di masa lalu, yang bisa dikatakan dari setiap sistem operasi. 
  3. Friendly. Anda dapat membuat Debian melakukan hampir apa pun yang Anda inginkan, biasanya tanpa banyak (atau) pengetahuan tentang administrasi lanjutan Linux. Salah satu hal yang bisa dibilang paling keren yang dapat Anda lakukan adalah menjalankan repositori APT pada mesin Debian Anda.   
  4. Cepat. Ini agak subjektif, dan hasil dapat bervariasi tergantung perangkat keras, tetapi pada hardware saya setidaknya, Debian jauh lebih cepat daripada Ubuntu, yang pada gilirannya menjalankan lingkaran di sekitar Windows. Kecepatan tidak masalah besar bagi saya, tapi jelas nyaman.  
  5. Debian gratis. Windows proprietary. Hampir tidak ada menggunakan Debian. Kebanyakan orang menggunakan Windows. Tetapi debian juga tidak kalah menarik dari dengan windows.
- Kekurangan
  1. Google Chrome tidak akan menginstal, dan Chromium terjebak dengan flash player Gnash.
  2. "tidak begitu resmi" repositori nonfree. Debian menjaga dari memenuhi persyaratan FSF untuk sistem bebas. Jadi, FSF membenci Debian. Mereka benci hampir pernah di distribusi Linux, jadi ini tidak terlalu buruk.
  3. Debian sangat sulit untuk menginstal. Hal ini terutama berlaku jika Anda tidak memiliki koneksi Internet, karena Anda akan perlu satu ton CD. Cukup banyak, Anda juga dapat menginstal Debian melalui installer jaringan, yang download Debian langsung dari repositori dan menginstal untuk Anda, atau dapat menginstal dengan sekelompok cakram. Either way, itu bukan proses yang sangat mudah, terutama jika Anda memiliki hardware yang tidak tepat-standar. 
  4. Repositori Debian sering menjadi tuan rumah sangat keluar dari versi tanggal software. Ini adalah bagian dari hal stabilitas. Dibutuhkan waktu yang lama untuk versi baru dari perangkat lunak untuk pergi dari stabil ke pengujian untuk stabil. Beberapa program baru masih belum di stabil, meskipun Ubuntu memiliki versi terbaru sekarang. 
  5. Terdapat kata-kata yang sulit di mengerti. Itu kurang dikonfigurasi, sulit untuk belajar.

Spesifikasi Hardware Debian

- Spesifikasi hardware Minimum Text Mode :
  1. Pentium 4 1 Ghz
  2. 64 Mb RAM
  3. 1,5 Gb  = 5 GB 

- Spesifikasi hardware minimum GUI mode :
  1. Pentium 4 1 Ghz
  2. 64 Mb RAM
  3. 5 Gb   =  (10 GB)
Pengertian Ubuntu

Ubuntu Merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

Versi Terbaru Ubuntu

Ubuntu 16.04 ( Xenia Xerus ) Final
Jadwal rilis Ubuntu 16.04 telah keluar. Long terms support (LTS) pada rilis ini akan dikeluarkan pada 21 April 2016. Tanggal – tanggal penting dari jadwal rilis sebagai berikut :
  1. Alpha 01-31 Desember
  2. Alpha 02-28 Januari
  3. Fitur Freeze – 18 Februari
  4. Beta 01-25 Februari
  5. UI Freeze – 10 Maret
  6. Final Beta – 4 Maret
  7. Kernel Freeze – 7 April
  8. Release Candidate – 14 April
  9. Final release – 21 April

Kelebihan dan Kekurangan Ubuntu

- Kelebihan 
  1. Open Source, sehingga pengguna dapat memodifikasi sesuai dengan keinginan.
  2. Multi bahasa, banyak bahasa yang tersedia untuk pilihan.
  3. Multi tasking dan multi USer.
  4. Banyak dukungan dari komunitas.
  5. Security yang lebih kuat dari pada Windows.
- Kekurangan
  1. Belum ada game besar yang bisa berjalan pada Ubuntu.
  2. Tampilan grafis yang kurang menarik.
  3. Beberapa hardware sulit menyediakan driver untuk Ubuntu.
Spesifikasi Hardware Ubuntu
- Spesifikasi Minimum

Ubuntu dapat dijalankan dengan spesifikasi minimum hardware seperti di bawah ini, namun sistem akan berjalan dengan tidak maksimal.
  1. 300 MHz x86 processor.
  2. 64 MB RAM.
  3. Paling tidak 4 GB disk space (untuk full installation dan swap space).
  4. VGA graphics card dengan resolusi 640×480.
  5. CD-ROM drive atau network card.
Spesifikasi Minimum yang Direkomendasikan

Ubuntu akan berjalan dengan normal pada komputer dengan spesifikasi minimum hardware seperti berikut ini. Namun fitur-fitur visual effect kemungkinan tidak akan berjalan dengan bagus.
  1. 700 MHz x86 processor.
  2. 384 MB RAM.
  3. 8 GB disk space.
  4. Graphic card dengan resolusi 1024×768

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trouble shooting jaringan

P.WEB KEGIATAN 6

Memberi Keterangan pada Gambar